JAVA



APA ITU JAVA?


Java adalah sebuah bahasa pemrograman dasar dalam sebuah pembuatan aplikasi. Java juga merupakan bahasa pemrograman yang dapat di jalankan di berbagai komputer ataupun berbagai telepon genggam. Kemudian, bahasa pemrograman java ini sendiri bisa digunakan untuk membuat sebuah game ataupun aplikasi untuk perangkat lunak maupun komputer sekalipun.
Salah satu penggunaan terbesar Java adalah dalam pembuatan aplikasi native untuk Android. Selain itu Java pun menjadi pondasi bagi berbagai bahasa pemrograman seperti Kotlin, Scala, Clojure, Groovy, JRuby, Jython, dan lainnya yang memanfaatkan Java Virtual Machine sebagai rumahnya.
Pada mulanya, untuk belajar ataupun mengenal bahasa pemrograman Java ini sendiri memerlukan beberapa software pendukung yaitu adalah JDK dan juga JRE. JDK (Java Development Kit) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan proses kompilasi dari kode java ke bytecode yang dapat dimengerti dan dapat dijalankan oleh JRE (Java Runtime Envirotment). Sedangkan JRE adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan aplikasi yang dibangun menggunakan java. Versi JRE harus sama atau lebih tinggi dengan JDK yang dugunakan untuk membangun aplikasi java.
Selain software pendukung tersebut, untuk mengetikan ataupun mengkompile sebuah bahasa pemrograman Java ini juga memerlukan software pendukung sendiri. Software yang biasanya sering digunakan antaralain adalah netbeans, eclipse atau juga bisa dengan menggunakan textpad. Biasanya untuk pemula, lebih banyak yang menggunakan textpad karena tidak memiliki “auto complete” pada penulisan kode – kode Java tersebut.
Source: Binus & Codepolitan
ReWrite: Inixindo
Anda bisa mengikuti training Pemrograman yang kami sediakan antara lain:
·         iOS Mobile Development
·         Pemrograman
·         Web Design with HTML5 & CSS3



TEXT EDITOR JAVA

Java Swing | Buat editor teks sederhana
Untuk membuat editor teks sederhana di Java Swing, kita akan menggunakan JTextArea, JMenuBar dan menambahkan JMenu ke dalamnya dan kita akan menambahkan JMenuItems. Semua item menu akan memiliki actionListener untuk mendeteksi tindakan apa pun.

Akan ada bilah menu dan itu akan berisi dua menu dan sebuah tombol:

Menu file
open: menuitem ini digunakan untuk membuka file
save: menuitem ini digunakan untuk menyimpan file
print: menuitem ini digunakan untuk mencetak komponen area teks
baru: menu ini digunakan untuk membuat file kosong baru
Edit menu
cut: menuitem ini adalah untuk memotong area yang dipilih dan menyalinnya ke clipboard
copy: menuitem ini adalah untuk menyalin area yang dipilih ke clipboard
tempel: menu ini adalah untuk menempelkan teks dari clipboard ke area teks
Tutup: tombol ini menutup bingkai
Kami telah menggunakan pembaca file dan penulis file untuk informasi lebih lanjut tentang membaca dan menulis file di Jawa. Silakan ikuti tautan di bawah ini:

Berbagai cara Membaca file teks di Jawa
Penanganan file di Java menggunakan FileWriter dan FileReader
Metode yang digunakan:

METODE PENJELASAN
cut () menghapus area yang dipilih dari area teks dan menyimpannya di clipboard
copy () menyalin area yang dipilih dari area teks dan menyimpannya di clipboard
paste () menghapus area yang dipilih dari area teks dan menyimpannya di clipboard
print () mencetak komponen area teks
Untuk metode lebih lanjut tentang komponen JSwing lihat:

Java Swing | JPanel
Java Swing | JMenuBar
Membuat Frame menggunakan Ayunan di Jawa
Java Swing | JTextArea
Program untuk membuat editor teks sederhana:

Untuk membuat editor teks sederhana:

Pertama, kita akan membuat bingkai berjudul "editor" dan menerapkan tampilan dan nuansa logam dan mengatur tema laut di dalamnya.
Kami akan menambahkan area teks dan menu dengan tiga menu File, Edit, dan Close.
Opsi "File" memiliki 4 item menu yang baru, buka, simpan dan cetak.
"Edit" memiliki 3 item menu potong, salin dan tempel. Kami akan menambahkan pendengar tindakan ke semua item menu (menggunakan fungsi addActionListener ()) untuk mendeteksi tindakan apa pun.
Kami akan menambahkan item menu ke menu dan menu ke menu menggunakan fungsi add () dan kami akan menambahkan menu ke bingkai menggunakan fungsi addJMenuBar ().

Kami akan menambahkan area teks ke bingkai menggunakan fungsi add mengatur ukuran frame ke 500.500 menggunakan fungsi setSize (500.500) dan kemudian menampilkan bingkai menggunakan fungsi show.

Berikut adalah bagaimana fungsi menu akan dipanggil:

Pada memilih potongan, salin, tempel dan cetak item menu fungsi inbuilt dari area teks cut (), copy (), paste () dan print () akan dipanggil.
Pada memilih item menu "simpan", pemilih file akan dibuka yang akan menampilkan dialog simpan setelah memilih file penulis file (penulis buffer) akan menulis konten area teks ke file dan menutup penulis file dan penulis buffer.
Pada memilih item menu "terbuka", pemilih file akan dibuka yang akan menampilkan dialog terbuka setelah memilih file pembaca file dan pembaca buffered akan membaca file dan mengatur teks area teks ke konten file.
Jika item menu "baru" dipilih, teks area teks akan kosong. Jika item menu "tutup" dipilih, bingkai ditutup dengan menggunakan fungsi isVisible (false).
Program:

Program:
filter_none
brightness_4
// Java Program to create a text editor using java
import java.awt.*;
import javax.swing.*;
import java.io.*;
import java.awt.event.*;
import javax.swing.plaf.metal.*;
import javax.swing.text.*;
class editor extends JFrame implements ActionListener {
    // Text component
    JTextArea t;
  
    // Frame
    JFrame f;
  
    // Constructor
    editor()
    {
        // Create a frame
        f = new JFrame("editor");
  
        try {
            // Set metl look and feel
            UIManager.setLookAndFeel("javax.swing.plaf.metal.MetalLookAndFeel");
  
            // Set theme to ocean
            MetalLookAndFeel.setCurrentTheme(new OceanTheme());
        }
        catch (Exception e) {
        }
  
        // Text component
        t = new JTextArea();
  
        // Create a menubar
        JMenuBar mb = new JMenuBar();
  
        // Create amenu for menu
        JMenu m1 = new JMenu("File");
  
        // Create menu items
        JMenuItem mi1 = new JMenuItem("New");
        JMenuItem mi2 = new JMenuItem("Open");
        JMenuItem mi3 = new JMenuItem("Save");
        JMenuItem mi9 = new JMenuItem("Print");
  
        // Add action listener
        mi1.addActionListener(this);
        mi2.addActionListener(this);
        mi3.addActionListener(this);
        mi9.addActionListener(this);
  
        m1.add(mi1);
        m1.add(mi2);
        m1.add(mi3);
        m1.add(mi9);
  
        // Create amenu for menu
        JMenu m2 = new JMenu("Edit");
  
        // Create menu items
        JMenuItem mi4 = new JMenuItem("cut");
        JMenuItem mi5 = new JMenuItem("copy");
        JMenuItem mi6 = new JMenuItem("paste");
  
        // Add action listener
        mi4.addActionListener(this);
        mi5.addActionListener(this);
        mi6.addActionListener(this);
  
        m2.add(mi4);
        m2.add(mi5);
        m2.add(mi6);
  
        JMenuItem mc = new JMenuItem("close");
  
        mc.addActionListener(this);
  
        mb.add(m1);
        mb.add(m2);
        mb.add(mc);
  
        f.setJMenuBar(mb);
        f.add(t);
        f.setSize(500, 500);
        f.show();
    }
  
    // If a button is pressed
    public void actionPerformed(ActionEvent e)
    {
        String s = e.getActionCommand();
  
        if (s.equals("cut")) {
            t.cut();
        }
        else if (s.equals("copy")) {
            t.copy();
        }
        else if (s.equals("paste")) {
            t.paste();
        }
        else if (s.equals("Save")) {
            // Create an object of JFileChooser class
            JFileChooser j = new JFileChooser("f:");
  
            // Invoke the showsSaveDialog function to show the save dialog
            int r = j.showSaveDialog(null);
  
            if (r == JFileChooser.APPROVE_OPTION) {
  
                // Set the label to the path of the selected directory
                File fi = new File(j.getSelectedFile().getAbsolutePath());
  
                try {
                    // Create a file writer
                    FileWriter wr = new FileWriter(fi, false);
  
                    // Create buffered writer to write
                    BufferedWriter w = new BufferedWriter(wr);
  
                    // Write
                    w.write(t.getText());
  
                    w.flush();
                    w.close();
                }
                catch (Exception evt) {
                    JOptionPane.showMessageDialog(f, evt.getMessage());
                }
            }
            // If the user cancelled the operation
            else
                JOptionPane.showMessageDialog(f, "the user cancelled the operation");
        }
        else if (s.equals("Print")) {
            try {
                // print the file
                t.print();
            }
            catch (Exception evt) {
                JOptionPane.showMessageDialog(f, evt.getMessage());
            }
        }
        else if (s.equals("Open")) {
            // Create an object of JFileChooser class
            JFileChooser j = new JFileChooser("f:");
  
            // Invoke the showsOpenDialog function to show the save dialog
            int r = j.showOpenDialog(null);
  
            // If the user selects a file
            if (r == JFileChooser.APPROVE_OPTION) {
                // Set the label to the path of the selected directory
                File fi = new File(j.getSelectedFile().getAbsolutePath());
  
                try {
                    // String
                    String s1 = "", sl = "";
  
                    // File reader
                    FileReader fr = new FileReader(fi);
  
                    // Buffered reader
                    BufferedReader br = new BufferedReader(fr);
  
                    // Initilize sl
                    sl = br.readLine();
  
                    // Take the input from the file
                    while ((s1 = br.readLine()) != null) {
                        sl = sl + "\n" + s1;
                    }
  
                    // Set the text
                    t.setText(sl);
                }
                catch (Exception evt) {
                    JOptionPane.showMessageDialog(f, evt.getMessage());
                }
            }
            // If the user cancelled the operation
            else
                JOptionPane.showMessageDialog(f, "the user cancelled the operation");
        }
        else if (s.equals("New")) {
            t.setText("");
        }
        else if (s.equals("close")) {
            f.setVisible(false);
        }
    }
  
    // Main class
    public static void main(String args[])
    {
        editor e = new editor();
    }
}





 Contoh Program Java menggunakan If then else.


ok berikut contoh kasus penggunaan if :


Penggunaan IF dan ELSE IF

IF dan ELSE IF ini digunakan ketika kondisi yang akan dicek lebih dari dua kondisi. berikut adalah contoh penggunaan dan penulisan IF dan ELSE IF pada java :

ok langsung ke contoh kasus IF dan ELSE IF pada java :


penggunaan IF DAN ELSE IF
oke, selasai sudah pembahasan IF dan ELSE pada bahasa pemrograman java.
sebenarnya ada satu lagi jenis percabangan dimana fungsinya sama dengan IF dan ELSE IF. SWITCH-CASE, perbedaan dia sama IF dan ELSE IF hanya pada penulisan. Penulisan Switch-Case adalah :

berikut penerapan switch-case pada contoh kasus berikut :

Penggunaan Switch-Case pada java
Penggunaan Switch-Case
ok sekian dulu pembahasan kita Penggunaan IF Dan ELSE Pada Java, kita lanjutkan pada tutorial Java selanjutnya. terima kasih.

Contoh Program Java menggunakan Switch.

/**
 *
 * @author Akira
 */
public class ContohPercabanganSwitch1 {
    public static void main(String[] args){
        char nilai = 'A';
        System.out.println("Nilai : "+nilai);
        
        switch(nilai){
            case 'A' : 
                System.out.println("Istimewa");
             break;
            case 'B' : 
                System.out.println("Baik");
             break;
            case 'C' : 
                System.out.println("Cukup");
             break;
            case 'D' : 
                System.out.println("Kurang");
             break;
            case 'E' : 
                System.out.println("Kurang Sekali");
             break;
            default: 
                System.out.println("Nilai Tidak Valid");
            break;
        }
    }
}

Output dari contoh program percabangan switch case menggunakan kondisi String.



Contoh Program Java menggunakan Looping

Di dalam program Java menyediakan tiga macam statement untuk melakukan looping/perulangan, yaitu :
• for
• while
• do-while
1. for
Umumnya for digunakan pada pengulangan yang jumlah iterasinya sudah pasti atau sudah diketahui sebelumnya.
input :

public class contoh{

public static void main(String[] args){

int i;
for (i=1; i<6; i++)
System.out.println("for "+i);
}}


output :

Penjelasan program :
• Ekspresi pertama (inisialisasi) dieksekusi satu kali di awal perulangan.
• Di awal setiap iterasi, kondisi dijalankan untuk diperiksa nilainya. Jika nilainya TRUE, maka perulangan dilanjutkan dan statement dieksekusi. Jika nilainya FALSE, maka perulangan dihentikan.

2. while
Statemen perulangan (looping) adalah blok perintah yang akan mengulang-ulang statemen di dalam blok perintah selama kondisi menghasilkan nilai true dan akan berhenti jika kondisi bernilai false.

input :


public class contoh{

public static void main(String[] args){

int a=7;
while (a>0){
System.out.println("while "+a);
a--;}
}}

output :



Penjelasan program :
•Statement while mengeksekusi statement berulang-ulang, selama ekspresi bernilaiTRUE.

•Nilai dari ekspresi diperiksa setiap kali memasuki awal perulangan, jadi walaupun nilai ekspresi berubah selama eksekusi statement, eksekusi tidak berhenti sampai akhir iterasi.

•Jika ekspresi pada while bernilai FALSE pada saat pertama kali dijalankan, maka statement tidak dijalankan.

3. do-while
Perulangan dengan bentuk do while adalah perulangan dengan membalikkan logika perulangan dengan teknik while. Dalam perulangan do while, pernyataan dieksekusi dulu, baru kemudian kondisi variabel kontrol perulangannya diperiksa apakah memenuhi syarat atau tidak.

input :


public class contoh{
public static void main(String[] args){
int a=1;
do{
System.out.println("do-while "+a);
a++;} 
while(a<6);
}}

output :

Penjelasan program :
• Perulangan do-while serupa dengan while, kecuali ekspresi diperiksa di akhir iterasi, bukan di awal.
• Perbedaan utama dari do-while dan while adalah pada do-while statement pastidijalankan pada iterasi pertama.
• Jadi pada statement do-while, statement pasti dijalankan minimal satu kali.




Apa yang dimaksud Kelas dan Objek

Class merupakan suatu blueprint atau cetakan untuk menciptakan suatu instant dari object. class juga merupakan grup suatu object dengan kemiripan attributes/properties, behaviour dan relasi ke object lain. Contoh : Class Person, Vehicle, Tree, Fruit dan lain-lain. Method adalah kumpulan program yang mempunyai nama.



Halo Para pembaca setia, Sebagian dari kalian pasti bingung mengartikan apa itu Methode, Class dan Objek. Berikut ini kita akan membahas pengertian dari ketiga aspek tersebut:
  1. Objek.
Yang dimaksud dengan objek pada java adalah sekumpulan software yang terdiri dari variable dan method-method yang terkait. Objek juga merupakan benda nyata yang di buat berdasarkan rancangan yang di definisikan di dalam class
Object adalah instance dari class. Jika class secara umum mepresentasikan (template) sebuah object, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu sendiri. Contoh : Dari class Fruit kita dapat membuat object Mangga, Pisang, Apel, dan lain-lain.
  1. Class
Class adalah prototype, atau blueprint, atau rancangan yang mendefinisikan variable dan method-methode pada seluruh objek tertentu. Class berfungsi untuk menampung isi dari program yang akan di jalankan, di dalamnya berisi atribut / type data dan method untuk menjalankan suatu program.
Class merupakan suatu blueprint atau cetakan untuk menciptakan suatu instant dari  object. class juga merupakan grup suatu object dengan kemiripan attributes/properties, behaviour dan relasi ke object lain. Contoh : Class Person, Vehicle, Tree, Fruit dan lain-
lain.



   Apa yang dimaksud Method, Konstruktor, dan 

    Enkapsulation



         DASAR TEORI
Pada pemrogrman berorientasi objek terdapat dua istilah yang sangat terkenal yaitu kelas dan objek. Kelas dapat di analogikan sebagai cetakan dari suatu benda (objek), sedangkan objek adalah benda/hasil produksi dari cetakan (kelas) tersebut. Perbedaan kelas dan objek dapat dijelaskan dengan analogi, misalnya kelas itu seperti cetakan kue, kelas adalah cetakan untuk objek.
Atribut adalah keadaan yang dimiliki oleh objek. Sedangkan method adalah apa-apa yang menurut subjek harus dapat dilakukan objek. Method yang dimiliki objek berkelas mobil dapat berupa cara menghidupkan mesin dan cara mengoper persneling.


A.   METHOD
Method merupakan tingkah laku dari suatu objek atau class, jika bersifat static berarti tingkah laku semua objek dalam kelas tersebut. Method diletakkan didalam classbody sebaliknya tidak diletakkan dalam method lain. Method digunakan untuk memodularisasi program melalui pemisahan satu tugas menjadi satu unit tersendiri.
Deklarasi method pada Java :
       [modifier1]tipeNilaiKembalian namaMethod(parameter input){
                   Method body;
       }

B.   CONSTRUCTOR
Pada prinsipnya constructor adalah method yang tidak memiliki return value (secara implicit adalah instant dari kelasnya). Constructor merupakan method yang namanya sama dengan nama kelas dimana method itu berada. Constructor digunakan untuk menginisialisasi nilai awal (memberikan nilai default) pada atribut-atribut yang dimiliki oleh  suatu objek saat objek itu pertama kali dibuat.
Sifat-sifat constructor yaitu :
1.   Namanya sama dengan nama class
2.   Boleh memiliki argument lebih dari satu atau tidak sama sekali.
3.   Tidak boleh mengembalikan nilai (termasuk tidak ada kata-kata void).
Bentuk umum Constructor yaitu :
[modifier] namaConstructor (tipe namaparameter) {
            constructorbody;
}





C.   Enkapsulation

Encapsulation adalah proses pemaketan data bersama metode-metodenya dimana hal ini bermanfaat untuk menyembeunyikan rincian-rincian implementasi dari pemakai. Dalam sebuah objek yang mengandung variabel-variabel dan method-method, dapat ditentukan hak akses pada sebuah variabel atau method dari objek


Tidak ada komentar:

Posting Komentar